INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI DESA KALISARI KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN

PENGABDIAN DAN PERPISAHAN: LANGKAH NYATA UNTUK BANGSA (40 DAYS IN KALISARI)

PENGABDIAN DAN PERPISAHAN: LANGKAH NYATA UNTUK BANGSA (40 DAYS IN KALISARI)

Kebumen, Jumat, 16 Februari 2024 20.00 WIB

Selama kurang lebih 40 hari, mahasiswa KKN angkatan 53 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto atau dikenal dengan nama UIN SAIZU, yang berjumlah 10 orang telah melaksanakan pengabdian di Desa Kalisari, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. 

Hari demi hari telah terlewati, banyak pembelajaran serta pengalaman baru yang tentunya menjadi kenangan bagi mahasiswa tersendiri. Kini tibalah dalam acara penutupan, perpisahan dan pelepasan antara mahasiswa kelompok 8 KKN dengan warga Desa Kalisari. Acara berlangsung pada tanggal 16 Februari 2024 pukul 20.00 WIB, di mana momen penting ini dihadiri oleh berbagai pihak, dari ketua kelompok 8 KKN hingga perwakilan masyarakat.

Acara perpisahan ini dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Kelompok 8 KKN, Radya Ramaditya Mulia. Dalam sambutannya, Radya selaku Ketua Koordinator mewakili rekan-rekannya mengucapkan “Terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Kalisari yang telah menerima, mendidik dan membimbing untuk belajar terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk menjalankan program KKN, banyak sekali ilmu yang kami dapatkan selama mengabdi disini dan mudah-mudahan bermanfaat untuk kedepannya. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua warga Desa Kalisari yang telah mendukung serta membantu kelancaran kegiatan kami selama mengabdi disini”. 

Sambutan perpisahan kemudian disampaikan oleh Kepala Desa, Bapak Sunardi. Dalam sambutannya beliau dengan tulus mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas sumbangsih mahasiswa dalam berbagai aspek pembangunan dan sosial di Desa Kalisari. Bapak Sunardi juga berpesan agar nantinya mahasiswa KKN dan warga Desa Kalisari selalu menjalin silaturahmi meski sudah menyelesaikan KKN di Desa Kalisari. Harapannya agar semangat kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat. Tak ketinggalan, sambutan dari Sekretaris Desa yaitu Bapak Herman serta perwakilan tokoh masyarakat yaitu Bapak Sobar Syahid berupa ucapan terimakasih dan maaf turut menghangatkan suasana. Harapannya agar apa yang baik nantinya bisa dibawa dan diterapkan ke desanya masing-masing dan semoga menjadi lebih bermanfaat lagi.

Setelah rangkaian sambutan formal, dilanjutkan dengan pelaporan program kerja yang disampaikan oleh anggota kelompok 8 KKN yaitu Fika Alfizaetin. Dimulai dari program kerja unggulan yaitu pelatihan pembuatan keripik kulit pisang dan manisan kelapa hingga program kerja pendukung seperti mengajar dan lain-lain, serta pencapaian yang telah diraih semua telah dipaparkan dengan baik. Kelompok 8 KKN juga memberikan kesempatan kepada audience untuk memberikan tanggapan berupa saran dan kritikan yang bersifat membangun agar nantinya dapat menjadi bahan pembelajaran serta evaluasi untuk kami membantu meningkatkan sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa cindera mata plakat kepada desa sebagai tanda penghargaan atas kerjasama yang produktif.

Puncak acara diakhiri dengan sesi penyampaian kesan dan pesan oleh kelompok 8 KKN selama melaksanakan pengabdian di Desa Kalisari selama kurang lebih 40 hari. Suasana haru terasa begitu kental saat semua anggota bergantian menyampaikan apa yang telah dirasakan selama berada di Desa Kalisari mengingat kegiatan KKN akan usai dan menjadi kenangan. Di akhir acara, tak terelakkan, momen musyawarah bersalam-salaman melanda, sebagai ungkapan perpisahan dari hati ke hati.

Perpisahan KKN Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto di Desa Kalisari ini tidak hanya menjadi titik akhir, tetapi juga titik awal dari hubungan dan kerjasama yang berkelanjutan antara institusi pendidikan dan masyarakat. Pesan-pesan dan pengalaman yang diperoleh selama perjalanan KKN akan terus dijaga dan menjadi bekal berharga untuk kedepannya, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat Desa Kalisari.

Penulis: Mutiara Setiana Zefira. (Kelompok 8 KKN 53 UIN Saizu)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Kabar Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2